Kamis, 01 September 2016

Pelajaran 5 - Google Docs


Membuat File Dokumen:


  1. Dari Google Drive, cari dan pilih tombol New, kemudian pilih jenis file yang ingin Anda buat. Dalam contoh kita, kita akan pilihGoogle Docs untuk membuat dokumen baru


    2.      File baru Anda akan muncul di tab baru pada browser. Cari dan pilih Untitled document di sudut kiri atas.  

3.      Akan muncul kotak dialog Rename. Ketik nama file Anda, kemudian klik OK
4.   File Anda akan berganti namaAnda dapat mengakses file setiap saat dari Google Drive Anda, di mana akan disimpansecara otomatis. Cukup klik dua kali untuk membuka file lagi.
Anda mungkin memperhatikan bahwa tidak ada tombol save untuk file Anda. Hal ini karena Google Drive menggunakan autosave, yang secara otomatis dan langsung menyimpan file Anda saat Anda mengeditnya.
Menggunakan template
Sebuah Template adalah file pradesain yang dapat digunakan dengan cepat untuk membuat dokumen baru. Template kadang memiliki format dan desain custom. Kebanyakan template yang dirancang membantu Anda untuk membuat file dari jenis tertentu. Misalnya, Anda bisa menggunakan template apabila ingin segera membuat resume atau buletin.

Cara membuat dokumen baru melalui situs docs.google.com

Kunjungi Google Docs. Buka tab browser baru, dan pergi ke Google Docs.
Masuk. Di bawah kotak Masuk, ketik alamat Gmail Anda dan password. Klik "Masuk" tombol untuk melanjutkan.
Lihat docs Anda. Setelah login, Anda akan dibawa ke direktori utama. Jika Anda sudah memiliki dokumen yang ada, Anda dapat melihat dan mengaksesnya dari sini.
Membuat dokumen baru. Klik lingkaran merah besar dengan tanda plus di sudut kanan bawah. Sebuah tab baru akan terbuka dengan word prosesor berbasis web. Jika Anda ingin melihat atau mengedit dokumen yang ada, cukup klik ganda dokumen dari direktori utama. Sebuah tab baru akan terbuka dengan isi dokumen.
Tinggal mengetiknya. Anda dapat mulai mengetik atau mengedit dokumen Anda. Ada menu dan toolbar pada header dengan fungsi yang sangat mirip dengan yang ada di MS Word
Nama dokumen. Tidak perlu melakukan usaha penyimpanan dengan Google Docs. Segala sesuatu yang Anda lakukan secara otomatis disimpan secara berkala. Namun Anda masih harus memberikan nama dokumen Anda dengan benar. Nama akan muncul di sudut kiri atas saat dokumen ditampilkan. Jika Anda mengerjakan sebuah dokumen baru, judul dokumen secara baku hanya "Untitled Document." Klik nama tersebut dan jendela kecil akan muncul. Ketik nama baru dari dokumen dan klik tombol "OK". Anda akan melihat nama akan segera berubah.
Exit. Jika Anda sudah selesai dengan dokumen Anda saat ini, Anda dapat hanya cukup menutup jendela atau tab. Semuanya disimpan otomatis. Anda dapat mengakses maupun membuat dokumen dari Google Docs atau Google Drive.
Membuat File Formulir:


Anda akan dibawa ke halaman baru untuk mulai membuat formulir Anda. Masukkan judul formulir Anda. Lalu, masukkan deskripsi singkat atau komentar.
Klik tombol Add untuk menambahkan field item. Berada di atas di sebelah tombol Theme.
Sekarang Anda dapat menambahkan field yang sesuai dengan keperluan. Anda juga dapat membuat suatu pertanyaan yang diperlukan. Ketika Anda sudah selesai, klik tombol Selesai.
Anda dapat terus menambahkan field, dan mengedit field sebelumnya. Setelah selesai, klik Save yang terletak di sudut kanan atas.
Anda dapat memberikan orang lain link ke formulir Anda. Link tersebut terletak di bagian bawah layar.

Membuat file Penyaji Presentasi:


Klik tombol Createdan klik pilihan Presentation.


Sebuah halaman baru muncul untuk mulai membuat presentasi. Anda juga akan diminta untuk memilih tema untuk presentasi. Dalam demonstrasi ini kita akan menggunakan default tema "Simple Light". Setelah Anda membuat pilihan Anda, tekan OK.

Nama presentasi Anda. Klik teks "Untitled" di atas untuk mengubah nama file. Ini akan muncul di bar browser ketika Anda atau seseorang melihat presentasi. Tekan OK, ketika Anda selesai.

Tambahkan konten. Anda sekarang dapat menambahkan konten, atau bahkan menambahkan slide baru. Gunakan bar atas untuk mengedit presentasi Anda.
Setelah selesai mengedit, tekan tombol share untuk memberikan izin mengedit presentasi Anda. Mengklik tombol share juga akan menciptakan link untuk melihat presentasi Anda. Setelah selesai, klik Done.
Lihat hasil pekerjaan dengan mengklik "Start presentation. "

Latihan!
1.      Buat semua jenis file baru di Google Drive.
2.      Ubah nama file.
3.      Kembali ke Google Drive Anda untuk memastikan file baru Anda telah ditambahkan.
4.      Jelajahi Google Template.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar