Perkenalan
Bekerja dengan kolom, baris, dan sel-sel
menjadi panah ganda
.

2. Klik perintah Delete pada tab Home.
2. Pilih perintah Merge & Center pada tab Home.
3. Sel-sel yang dipilih akan digabung, dan teks akan dipusatkan.
Ketika Anda membuka buku kerja kosong yang baru, sel-sel diatur pada ukuran yang baku. Anda dapat memodifikasi sel, menyisipkan dan menghapus kolom, baris, dan sel-sel yang diperlukan. Pada pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana mengubah tinggi baris dan lebar kolom, menyisipkan dan menghapus baris dan kolom, membungkus teks dalam sel, dan menggabungkan sel. Saksikan video berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai modifikasi baris, kolom, dan sel.
Secara default, setiap baris dan kolom dari buku kerja/workbook diatur sama tinggi dan lebarnya. Excel memungkinkan Anda untuk memodifikasi lebar kolom dan tinggi baris dengan beberapa cara yang berbeda.
Opsional: Anda dapat mengunduh contoh lampiran di bawah ini untuk latihan ekstra.
Mengubah lebar kolom:
1. Posisikan mouse anda di atas garis kolom dalam column heading sehingga salib putih
menjadi panah ganda
.


Jika Anda melihat tanda-tanda pound (#######) dalam sel, itu berarti kolom tidak cukup lebar untuk menampilkan isi sel. Cukup perlebarkolom untuk menunjukkan isi sel.
- Pilih kolom yang ingin dimodifikasi.
- Klik perintah Format pada tab Home. Menu drop-down Format muncul.
- Pilih Column Width.
5. Klik OK. Lebar masing-masing kolom yang dipilih akan berubah dalam lembar kerja Anda.
Pilih AutoFit Column Width dari menu drop-down Format, Excel akan secara otomatis menyesuaikan setiap kolom yang dipilih sehingga semua teks akan cocok.
Mengubah tinggi baris:
1. Posisikan kursor di atas garis baris sehingga salib putih 

2. Klik dan tarik baris ke bawah untuk meninggikan baris atau ke atas untuk mengurangi ketinggian.
3. Lepaskan mouse. Ketinggian setiap baris yang dipilih akan berubah dalam lembar kerja Anda.
Mengatur tinggi baris dengan ukuran tertentu:
- Pilih baris yang ingin Anda ubah.
- Klik perintah Format pada tab Home. Menu drop-down Format muncul.
- Pilih Row Height.

4. Kotak dialog Row Height muncul. Masukkan ukuran tertentu.
5. Klik OK. Ketinggian baris yang dipilih akan berubah dalam spreadsheet Anda.
Pilih AutoFit Row Height dari menu drop-down Format, dan Excel akan secara otomatis menyesuaikan setiap baris yang dipilih sehingga semua teks akan cocok.
Menyisipkan baris:
1. Pilih baris bawah di mana Anda ingin baris baru muncul.
2. Klik perintah Insert pada tab Home.
3. Baris baru muncul dalam lembar kerja Anda.
Ketika memasukkan baris baru, kolom, atau sel, Anda akan melihat tombol Insert Options
. Tombol ini memungkinkan Anda untuk memilih bagaimana format Excel. Secara default, setiap baris dimasukkan format Excel dengan format yang sama seperti sel-sel di baris atas mereka. Untuk mengakses lebih banyak pilihan, arahkan mouse Anda ke tombol Insert Options dan klik panah drop-down yang muncul.


Menyisipkan kolom:
- Pilih kolom ke kanan di mana Anda ingin kolom baru muncul. Sebagai contoh, jika Anda ingin menyisipkan kolom antara A dan
- B, pilih kolom B.

2. Klik perintah Insert pada tab Home.
3. Kolom baru muncul di lembar kerja Anda.
Secara default, kolom dimasukkan format Excel dengan format yang sama seperti kolom di sebelah kiri mereka. Untuk
mengakses lebih banyak pilihan, arahkan mouse Anda ke tombol Insert Options dan klik panah drop-down yang muncul.
Menghapus baris:
1. Pilih baris yang ingin Anda hapus.
3. Baris dihapus dari lembar kerja Anda.
Wrap teks dan merge sel
Jika sel berisi teks yang memuat lebih dari yang dapat ditampilkan, Anda dapat memilih untuk membungkus teks dalam sel atau menggabungkan sel dengan sel yang bersebelahan kosong. Wrap text untuk membuatnya ditampilkan di beberapa baris sel.Merge sel untuk menggabungkan sel sebelah dalam satu sel yang lebih besar.
Untuk membungkus teks:
1. Pilih sel dengan teks yang ingin Anda bungkus. 

2. Pilih perintah Wrap Text pada tab Home.
3. Teks dalam sel yang dipilih akan dibungkus dalam lembar kerja Anda.
3. Teks dalam sel yang dipilih akan dibungkus dalam lembar kerja Anda.
Jika Anda berubah pikiran, lakukan klik ulang pada perintah Wrap Teks untuk membuka wrap teks.
Menggabungkan sel menggunakan perintah Merge & Center:
1. Pilih sel yang ingin digabung.
Jika Anda berubah pikiran, lakukan klik ulang perintah Merge & Center.
Mengakses opsi penggabungan lebih:
Klik panah drop-down di sebelah perintah Merge & Center pada tab Home. menu drop-down merge muncul.
- Merge & Center: Menggabungkan sel Merges mejadi satu sel dan memusatan teks
- Merge Across: Menggabungkan baris dari setiap sel yang dipilih ke dalam sel yang lebih besar; berguna ketika penggabungan konten di beberapa baris sel daripada membuat satu sel besar
- Merge Cells: Menggabungkan sel terpilih menjadi satu sel
- Unmerge Sel: Unmerges Sel yang dipilih
Latihan!
1. Buka Excel 2010 workbook yang ada. Jika Anda ingin, Anda dapat menggunakan contoh lampiran di bawah.
2. Modifikasi ukuran kolom. Jika Anda menggunakan contoh, membuat kolom yang berisi nama-nama anggota 'Dewan yang lebih besar.
3. Modifikasi ukuran berturut-turut menjadi 46 piksel. Jika Anda menggunakan contoh, modifikasi semua baris yang berisi teks (baris 1-11).
4. Sisipkan kolom antara kolom A dan B.
5. Sisipkan baris antara baris 3 dan 4.
6. Hapus kolom atau baris.
7. Coba gabungkan beberapa sel. Jika Anda menggunakan contoh, menggabungkan sel di atas atau judul baris (baris 1).
8. Coba gunakan perintah Text Wrap pada beberapa sel. Jika Anda menggunakan contoh, membungkus teks dalam kolom yang berisi alamat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar