Rabu, 31 Agustus 2016

Pelajaran 3 - Baris dan Spasi

Perkenalan
Salah satu bagian penting dari membuat dokumen adalah desain dokumen. Ketika Anda merancang dokumen dan membuat keputusanbagaimana pemformatannya, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memodifikasi jarakPada pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana memodifikasi baris dan spasi paragraf.
Spasi
Mengatur spasi baris akan mempengaruhi kemudahan pembacaan dokumen. Anda dapat meningkatkan jarak agar lebih mudah dibaca, ataumenguranginya agar teks lebih sesuai pada halaman.
Opsional: Anda dapat mengunduh contoh pada lampiran di bawah untuk latihan ekstra.
Mengenai spasi
Spasi dapat diukur baik dalam garis atau titik. Misalnya, ketika teks spasi ganda, jarak garis setinggi dua baris. Di sisi lain, Anda dapat menetapkan teks 12-point dengan jarak 15-titik, yang memberikan tinggi yang cukup untuk menambah sedikit ruang ekstra pada teks. Anda dapat mengurangi garis spasi agar baris lebih sesuai pada halaman, atau Anda dapat menambahkan untuk meningkatkan keterbacaan.
Spasi juga dikenal sebagai leading.
Memformat spasi:
1.      Pilih teks yang ingin Anda format.
2.      Klik perintah Line dan Paragraf Spacing dalam kelompok paragraf di tab Home.
    3.   Pilih opsi jarak yang diinginkan dari menu drop-down.
4.      Dari menu drop-down, Anda juga dapat memilih Line Spacing Options untuk membuka kotak dialog Paragraf. Dari sini, Anda dapat mengatur jarak baris dengan lebih presisi. 
Jika Anda memilih At least atau Exactlydi kotak dialog paragraf, jarak baris akan diukur dalam point. Jika tidak, itu akan diukur dalamgaris /lines.
Spasi Paragraf
Sama seperti memformat jarak antar baris dalam dokumen, Anda dapat memilih opsi jarak antar setiap paragraf. Biasanya, ruang ekstra ditambahkan antar paragraf, judul, atau subjudul. Jarak tambahan antara paragraf dapat membuat dokumen lebih mudah dibaca.
Memformat spasi paragraf:
1.      Klik perintah Line dan Spacing Paragraf pada tab Home.
2.   Pilih Add Space Before Paragraf atau Remove Space After Paragraf dari menu drop-down.
3.  Dari menu drop-down, Anda juga dapat memilih Line Spacing Options untuk membuka kotak dialog paragraf. Dari sini, Anda dapat mengontrol berapa banyak ruang yang ada sebelum dan sesudah paragraf.
Anda dapat menggunakan fitur Word Set as Default untuk menyimpan semua perubahan format yang telah dilakukan dan secara otomatis menerapkannya ke dokumen baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar