Rabu, 19 Juli 2017

CARA MEMBUAT EPUB DENGAN SIGIL

DAFTAR ISI





BAB I PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang 


Pengertian Sigil

Sigil adalah aplikasi untuk manajemen dan pembuatan digital book dengan format epub, dimana kita dapat membuat digital book sesuai dengan yang kita ingikan. Sigil mendukung format text, html dan format epub.
Selain teks  juga bisa menyisipkan gambar atau sampul buku dengan ukuran maksimal lebar 590 dan tinggi 750 pixel. Untuk menjadikan gambar tersebut sebagai cover, tinggal klik kanan pada gambar dan pilih “Add Semantics” kemudian pilih “Cover Image.”
 Ada tak kurang dari 20 tools yang bisa kamu gunakan dengan fungsi yang beragam. Sigil juga dilengkapi tool yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa kesalahan pada file epub tersebut. Caranya adalah klik pada “tombol centang berwarna hijau” untuk memverifikasi apakah sudah bebas dari kesalahan atau belum, sebelum mendistribusikannya.
Sigil juga didukung 15 macam bahasa serta dapat berjalan pada sistem operasi Windows, Linux dan Mac, dengan begini kamu bisa menggunakannya dimana saja.


BAB 2 TUTORIAL MEMBUAT EPUB DENGAN SIGIL

2.1 Cara membuat epub dengan sigil


Cara Buat Buku Digital Menggunakan Sigil - Buku digital adalah bentuk digital dari buku cetak. Buku digital merupakan buku elektronik, atau biasa disebut kebanyakan orang e-book. Fungsi dari buku digital antara lain: salah satu alternatif media pembelajaran dan sebagai media informasi. Adapun tujuan dari perkembangan buku digital, antara lain:

Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk lebih mudah berbagi informasi,
Melindungi informasi yang disampaikan.
Mempermudah proses memahami materi ajar.

Untuk membuat buku digital, tentunya diperlukan aplikasi pembuat buku digital. Aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat buku digital ialah Sigil. Pada artikel kali ini, Jodi akan memberikan tutorial cara membuat buku digital dengan bantuan software Sigil. Yuk, langsung saja!

1. Siapkan materi yang akan dibuat menjadi buku digital. Buka microsoft word, lalu paste materi ke lembar baru di Word. Setelah itu, Save As materi dalam format Web Page, Filtered (HTML). Sebelum di Save As, alangkah baiknya materinya dirapikan terlebih dulu.

2. Pastikan dekstop teman sudah terinstall aplikasi Sigil versi terbarunya, v.0.8.6. Bagi teman yang belum mempunyai Sigil, download aplikasinya di SINI. Downloadnya versi terbaru ya, nggak semua laptop berhasil install aplikasi Sigil versi lain (lama).

3. Jika aplikasi berhasil diinstall, buka aplikasi Sigil, klik berkas » lalu pilih buka » pilih materi tadi yang telah disimpan dalam bentuk HTML. Untuk mempercepat, bisa langsung klik Ctrl+O => pilih materi.

4. Untuk memperjelas buku digital, di mana ada yang namanya daftar isi. Untuk membuat daftar isi, kita perlu merapikan isi materi kita. Seperti menambahkan tag H1, H2, H3, dan OL dan lain-lainnya sesuai keinginan. Setelah semua rapi, klik Alat » Daftar Isi » Menghasilkan Daftar Isi (untuk mempercepat klik Ctrl+T).

Jika muncul banner, klik Ok untuk melanjutkan pembuatan Daftar Isi.

5. Selain pentingnya daftar isi dalam buku digital, cover juga diperlukan, agar tampilan buku digital yang kita buat menarik. Untuk membuatnya klik kanan pada images lalu tambah berkas ada yang ada. Setelah gambar ditambahkan, klik kanan pada gambar yang baru saja dimasukkan, arahkan cursor ke tambahkan semantik » klik Gambar sampul.

Selain menambahkan daftar isi dan gambar sampul (cover), teman juga dapat menambahkan gambar, audio, video ke dalam materi. Silakan di coba sendiri ya..

6. Selanjutnya, simpan (Ctrl+Shift+S) dalam bentuk .epub. Selesai,


BAB 3 PENUTUP

3.1 Simpulan


Dengan demikian dapat kita ambil kesimpulan bahwa cara membuat epub dengan sigil itu sangatlah mudah dan kita bisa melakukannya. Selamat mencobaJ. Wassalamau,alaikum wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar